Monday, June 10, 2013

Jenuh

source: www.freedigitalphotos.net
Kejenuhan bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Tidak luput juga dalam aktifitas homeschooling kami, dimana kami sebagai orang tua sering merasa anak tidak mengalami kemajuan apa-apa. Dan dimana kita sebagai orang tua mulai membanding-bandingkankan dengan anak-anak lainnya. Satu hal yang fatal bila hal ini terjadi, dimana kita sebagai orang tua harus sadar 1000% dimana anak-anak semua bergantung pada kita 24/7. Tapi manusiawi sekali bila kita sebagai orang tua akan mengalami kejenuhan, Ingat kita, 'Orang Tua' juga manusia...

Sharing kami tentang kejenuhan yang kam alami, adalah dimana saat ini kami sedang mensupport JP yang ingin mengikuti kontest OMG, pedampingan dari setiap acara yang ditayangkan tetap kami lakukan. Akan tetapi, efek dari 5 jam nonton Disney Channel itu, membuatku tidak bisa berfikir jernih. Kejenuhan itu ada, yang tentunya berdampak adanya tugas-tugas utama baik JP dan Kay, tertunda. Juga kegiatan luar rumah juga berkurang.


Apabila kita mengalami hal ini, hal yang terbaik dilakukan adalah FreeTime... 
Bebaskan anak-anak juga kita orang tua melakukan hal-hal yang disukai, berapa lama? Bebas, kita sendiri yang menentukan. Tetapi tentunya jangan terlalu lama, sehingga tidak melewatkan moment-moment yang bisa mengembalikan semangat dan minat belajar anak. 

Tapi amazingly, pada saat kita mau melakukan free time ini malah banyak sekali hal-hal yang suddenly show didepan mata kita. Anak kita luar dengan luar biasanya bisa memahami apa yang disampaikan kita, minta diajarin ini, minta diajarin itu... Padahal beberapa hari lalu mereka kesel bila kami minta melakukan yang baru saja mereka minta.

Mencoba untuk lebih sabar dan sadar itu sulit, mengeluarkan konsep sekolah dari kepala tidaklah semudah mengucapkan. Tetapi melihat kehebatan JP dalam berbahasa inggris, Kay berkreatifitas dan Dede mulai juga menyukai seni dan bermain hal-hal yang melatih motorik halusnya, membuat aku cukup lega dan paham tujuan dari kami berHomeSchooling.

No comments:

Post a Comment