Monday, June 24, 2013

Kids Accomplishment

Tidak terasa sudah 1 tahun JP  dan adik-adiknya menikmati masa-masa belajar mandiri, dengan segudang pengalaman masa-masa transisi yang luar biasa buat kami. Melalui berbagai macam situasi baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan dalam berhomeschooling, membuat kami paham lebih dalam lagi tentang proses belajar yang sesungguhnya.  


Masing-masing anak berbeda-beda, tapi kami banyak belajar dari apa yang ada dikeseharian kami dan tidak men-target anak-anak dengan target pelajaran dan juga nilai. Goal kami tahun ini adalah memahami minat dan bakat anak-anak kami, dan membimbing anak-anak dalam pencapaiannya. Tentunya tetap menanamkan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang sopan santun dan ramah tamah, serta kekeluargaan.

JP dalam waktu 5 bulan menyelesaikan Math IXL first Grade, mencapai 95%. Harusnya JP sudah kelas dua, tapi aku tidak ingin mamaksakan JP karena IXL mengggunakan bahasa pengantar Inggris, kekhawatiran ku diawal sangat tidak beralasan. JP juga menemukan kenikmatan lain dalam dunia bahasa asing dan mulai tertarik untuk menambah kosa kata dengan cara menggambar kata-demi kata, kosa kata bahasa Mandarin. JP juga menikmati proses pengambilan gambar-gambar menggunakan camera di smartphone, lalu camera polaroid dan 2 bulan lalu aku berikan camera pocket digital untuk dapat mengambil gambar sebanyak yang diinginkan JP tanpa khawatir kehabisan film. Dari sini JP belajar sedikit banyak tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing alat yang digunakannya. Dan berminat suatu saat nanti ingin menjadi Movie Maker.Amin... JP juga terlihat tertarik dengan music dan lagu, menari juga dilakukannya sesekali. Mungkin ditahun depan akan kami tambahkan dalam kegiatan extra JP, yaitu mengenal alat music, latihan menyanyi dasar dan menari ala street dancer. Dipembentukan kepribadiannya, JP belajar banyak tentang apa itu komitmen dan belajar bertanggung jawab, dengan belajar memahami posisinya sebagai seorang kakak paling tua. Selain itu project JP tahun ini melipatgandakan uang sakunya tercapai, JP sudah bisa menambah uang jajannya dengan berjualan snack di CuteX walau belum paham betul arti Laba dan Rugi sebenarnya, karena masih suka kekeh kalau dikasi tau kenapa harus jual dengan harga yang diberitahukan. Buatnya everything is 1000, is enough.

Kay, tahun ini banyak kemajuan dalam kegiatan fisiknya. Kay mengalami kemajuan yang pesat dalam latihan renang, yang baru dimulai 2-3 bulan lalu. Kay terlihat lebih berani dan percaya diri dalam proses belajar renangnya. Kay juga menikmati Math IXL dan belajar membaca dengan Readingeggs. Walau masih mengalami kesulitan dalam membaca lancar, Kay sudah menemukan gayanya dalam menghafal setiap kata demi kata yang dibacanya tanpa mengeja dengan gerak dan tari. (sayang masih belum bisa publish video nya,karena panjang dan harus dilakukan proses pengeditan untuk mengurangi besar dari file tersebut. Masalahnya mama nya ini lagi pelajari di sela-sela waktu senggang, dan belum berhasil-berhasil. hikss hikss...)

Dede, tahun ini mulai berekplorasi dengan motoriknya. Belajar sikat gigi sendiri, buka pakaian dan pakai pakaian dalam sendiri saat ingin ke toilet, dan memiliki style pakaian sendiri yang berbeda 180 derajat dari Kay yang more girly. Mungkin kami agak terlalu lama membiasakan Dede dengan menggunakan pampers, tetapi tidak membutuhkan waktu lebih dari 2 minggu bagi dede untuk beradaptasi tanpa menggunakan pampers. Dede, sudah bisa menyampaikan rasa ingin buang air kecil diwaktu yang tepat, karena keahlian Dede berkomunikasi begitu cepat berkembang dengan kosa kata yang sudah bertambah, sampai-sampai kami dibuatnya kaget karena Dede sudah paham arti kata "Menikah". Kalau makan sendiri, dede dari usia 2 tahun, sudah mantab dengan makan sendiri dan cara menggunakan alat-alat makannya.

Maaf karena masih terpencar-pencar baik foto, certificate dan video nya di perlengkapan smartphone or camera digital kami. Juga keterbatasan saya dalam mengaplikasikan nya, kami harap sabar ya. Dan mungkin yang ada di kontak blackberry or berteman di twitter, facebook dan path sudah bisa melihat lebih cepat disana ketimbang di blogpage kami ini.

Mohon do'a nya... Kami ingin berlibur dibulan july - agustus, tapi kami sudah mempunyai beberapa plan yang mungkin akan tetap kami pergunakan sebagai ajang belajar anak-anak.

Terima kasih oma Umi, Opa Jimmy, Mama-mama dan Papa-papa semua, adik-kakak sepupu dan oma-oma dan opa-opa keluarga besar Lohy, atas do'a dan dukungannya kepada kami disini sehingga kami bisa diberikan kesempatan dan waktu, untuk menggali potensi JP, Kay dan Dede. Semua tidak terlepas dari kesalahan yang kami perbuat, emosi dan rasa sedih yang kami alami, akan tetapi kami menikmati itu sebagai suatu proses yang bukan hanya anak-anak yang mengalami, tapi kami sebagai orang tua JP, Kay dan Dede belajar menjadi orang tua yang dewasa bagi anak-anak kami. Menjadi teman dalam membimbing mereka menghadapi dunianya dimasa depan. Amin.

No comments:

Post a Comment